Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 15 Mei 2011

SK dan KD Biologi Berintegrasi dengan Al Quran Kelas 1 SMA Semester 1 dan 2

/ On : 09.15/ Thank you for visiting my small blog here.
SK dan KD Biologi Berintegrasi dengan Al Quran
Kelas 1 SMA
Semester 1 dan 2


Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Nash
Arti Referensi lain
Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.



























































2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan makhluk hidup.



























































































3. Memahami keanekaragaman hayati


















































4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi serta mengkaji ayat Al Quran yang berkaitan dengan ilmu biologi














1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) sesuai dengan Quran 7:58







2.1.Mendeskripsikan ciri-ciri replikasi, dan peran virus dalam kehidupan serta disesuaikan dengan ayat ayat dalam Al Quran 2:164





















2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan serta pemahamannya yang terdapat dalam Al Quran 35:28










2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan perannya bagi kehidupan
31:10.














2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan 39:21





















3.1Mendeskripsikan Konsep keanekaragaman ge,jenis,ekosistem, melalui kegiatan pengamatan 7:58








3.2 Mengkomunikasikan keanekargaman hayati Indonesia dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam 30:41









3.3Mendiskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi15:19






3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan peranannya dalam kehidupan 23:21











4.1Mendeskripsikan peranan komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan 67:3





4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencermaran lingkungan dan plestarian lingkungan 30:41






4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang
2:30


















4.4 Membuat produk daur ulang limbah11:61

Al Baqarah:22
              •          

An Naba:14-16,





                   




•       •        ••       •                     


 ••                  





                             





  •                        •      










                   

        ••       





          • 






•                




      •              



        ••       




                     •         


                           •    

22. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; Karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah[30], padahal kamu Mengetahui.



58. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya Hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (kami) bagi orang-orang yang bersyukur.




164. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.







28. Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama[1258]. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.


10. Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. dan kami turunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.

21. Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa Sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, Maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi Kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, Kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.




58. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya Hanya tumbuh merana. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (kami) bagi orang-orang yang bersyukur.



41. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).




19. Dan kami Telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.







21. Dan Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan,

3. Yang Telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka Lihatlah berulang-ulang, Adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?



41. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).



30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."



61. Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka shaleh. Shaleh berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. dia Telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya[726], Karena itu mohonlah ampunan-Nya, Kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)."

[726] Maksudnya: manusia dijadikan penghuni dunia untuk menguasai dan memakmurkan dunia.

Bio 10 penerbit Erlangga

Bio 10 penerbit Esis
Kamus Biologi “Wildan Yatim”

Klasifikasi kandungan Al Quran jilid 1 dan 2 “Choiruddin Hadhiri”

Konsep Penciptaan Alam dalam Pemikiran Islam Sains dan Al Quran “Sirajuddin Zar”

Indeks Al Quran, SIT Fajar Hidayah

Relate Posts



0 komentar:

Poskan Komentar

>