Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 15 Mei 2011

RPP dan SILABUS

/ On : 09.24/ Thank you for visiting my small blog here.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI (enam) II (dua)
Pertemuan : I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Kompetensi Dasar : Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
Indikator : Membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi gerak, mimik, dan penghayatan yang wajar

Tujuan Pembelajaran : Selesai pembelajaran 2 x 35 menit siswa mampu membacakan puisi dengan intonasi ekspresi yang tepat.

Materi Ajar : Puisi karya siswa

Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanja Jawab, Diskusi

Sumber/bahan : KTSP, buku penunjang

Langkah-langkah Pembelajaran

No Uraian Kegiatan Pendahuluan
Waktu Individu
1. Kegiatan Awal :
- Tanya jawab tentang cara pemilihan puisi
- Penjelasan singkat kaitan puisi bait pertama dan bait selanjutnya 5 menit
5 menit Klasikal
Klasikal
2. Kegiatan inti
- Masing-masing siswa membaca puisi karya sendiri dengan lafal dan intonasi yang tepat
- Memilih siswa yang puisi baik untuk membimbing teman saya
- Menyuruh semua siswa membaca puisi untuk di nilai 20 menit

10 menit

20 menit
Individu

Individu

Individu

3. Kegiatan Akhir
- Memberi tugas
- Kesimpulan/penguatan
Pesan moral :
Dalam menulis puisi selalu menggunakan bahasa yang indah 5 menit
5 menit


Individu




70 menit


Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri Sungai Lueng



HAFNIZAR, S.Pd

Guru Kelas VI



NURHAYATI, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI (enam) II (dua)
Pertemuan : II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Kompetensi Dasar : Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
Indikator : Membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi gerak, mimik, dan penghayatan yang wajar

Tujuan Pembelajaran : Selesai pembelajaran 2 x 35 menit siswa mampu membacakan puisi dengan intonasi ekspresi yang tepat.

Materi Ajar : Puisi karya siswa

Metode Pembelajaran : Diskusi, Pemberian tugas

Sumber/bahan : KTSP, buku penunjang

Langkah-langkah Pembelajaran

No Uraian Kegiatan Pendahuluan
Waktu Individu
1. Kegiatan Awal :
- Tanya jawab tentang cara penulisan puisi
- Penjelasan singkat kaitan puisi bait pertama dan bait selanjutnya 5 menit
5 menit Klasikal
Klasikal
2. Kegiatan inti
- Masing-masing siswa melakukan tema sebuah puisi masing-masing menuliskan puisi karya sendiri
- Masing-masing mendiskusikan temannya tentang puisi yang telah ditulis
- Masing-masing membacakan puisi yang ditulis kedepan kelas secara bergilir 5 menit

10 menit

20 menit
Individu

Kelompok

Individu

3. Kegiatan Akhir
- Masing-masing menjelaskan isi amanat pesan yang terkandung dalam puisi atas bimbingan guru kelas
- Penguatan
Pesan moral :
Agar siswa menggunakan bahasa dalam puisi yang indah 10 menit
5 menit



Klasikal
Individu




70 menit

Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri Sungai Lueng



HAFNIZAR, S.Pd

Guru Kelas VI



NURHAYATI, S.Pd



SILABUS
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS / SEMESTER : VI / II

NO KOMPETENSI DASAR MATERI POKOK KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
6.3. Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat Puisi karya siswa - Siswa mendengarkan contoh pembacaan puisi yang benar
- Siswa membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi, gerak, mimik dan penghaaytan yang wajar
- Siswa mengubah puisi ke dalam bentuk prosa/cerita sederhana - Membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi, gerak, mimik dan penghayatan yang wajar
- Mengubah puisi kedalam bentuk prosa/cerita sederhana
- Menjelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam puisi Teknik non tes 8 jam pelajaran x 35 menit KTSP, Buku yang relevan, majalah, Koran, internet

Relate Posts



0 komentar:

Poskan Komentar

>