Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Minggu, 15 Mei 2011

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) A. Latar Belakang

/ On : 09.15/ Thank you for visiting my small blog here.
67. Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun, atau ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri

B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Ayat Terjemah
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Qs 55:33



1.1 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
                 
33. Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Qs 57:2 2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
2.3 Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
             
2. Kepunyaan-Nyalah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Ayat Terjemah
3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer
Qs 56:85
3.1 Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
3.2 Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
3.3 Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi
3.4 Mempraktikkan satu program aplikasi
       
85. dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada kamu. Tetapi kamu tidak melihat,


Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Ayat Terjemah
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
Qs 38:31 1.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
1.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata
1.3 Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata
1.4 Membuat dokumen pengolah kata sederhana
      
31. (ingatlah) ketika dipertunjukkan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore,


Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Ayat Terjemah
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
Qs 21:96 2.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
2.2 Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka
2.3 Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka
2.4 Membuat dokumen pengolah angka sederhana
       
96. Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.









Kelas IX , Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Ayat Terjemah
1. Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
Qs 30:46 1.1 Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet
1.2 Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet
1.3 Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
1.4 Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet
1.5 Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet                  
46. Dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira[1173] dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya[1174] dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya; mudah-mudahn kamu bersyukur.

Kelas IX , Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Ayat Terjemah
2. Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi
Qs 25:48 2.1 Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
2.2 Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
2.3 Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat               
48. Dia lah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih,

E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Relate Posts



0 komentar:

Poskan Komentar

>