Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Senin, 25 April 2011

makalah Akomodasi Perhotelan Dan Tempat Hiburan bar dan restorant di indonesia

/ On : 04.57/ Thank you for visiting my small blog here.

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunia-Nya, makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Makalah ini berisi tentang Akomodasi Perhotelan. Struktur dan isi dari makalah dapat memberikan gambaran kepada pembaca tentang seluruh rangkaian aktivitas dan operasional yang ada di hotel, restorant dan bar  untuk memudahkan bagi pembaca memahami suatu sistem operasional hotel, bar dan restorant secara global.
Makalah  yang  berjudul ”Akomodasi Perhotelan Dan Tempat Hiburan” ini menggambarkan tentang beberapa Hotel, Restorant dan Bar yang ada di Indonesia sebagai bentuk tambahan informasi kepada pembaca. Makalah ini terdiri dari rangkaian catatan tentang tiga hotel,restorant dan bar yang ada di Indonesia.
Akhirnya, kepada semua pihak yang telah berjasa dalam penyusunan makalah ini kami ucapkan terima kasih.









Penulis










 

BAB I
HOTEL

         Definisi Hotel
, Hotel adalah suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu. Pengertian hotel ini dapat disimpulkan dari beberapa definisi hotel seperti tersebut di bawah ini :
a. Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil (Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987)
b. Bangunan yang dikelola secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut :
1) Jasa penginapan
2) Pelayanan makanan dan minuman
3) Pelayanan barang bawaan
4) Pencucian pakaian
5) Penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya.
(Endar Sri,1996:8)
c. Sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran (Lawson, 1976:27)

Karakteristik Hotel

Perbedaan antara hotel dengan industri lainnya adalah :
a. Industri hotel tergolong industri yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.
b. Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.
c. Menghasilkan dan memasarkan produknya bersamaan dengan tempat dimana jasa pelayanannya dihasilkan.
d. Beroperasi selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur dalam pelayanan jasa terhadap pelanggan hotel dan masyarakat pada umumnya.
e. Memperlakukan pelanggan seperti raja selain juga memperlakukan pelanggan sebagai patner dalam usaha karena jasa pelayanan hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.

Jenis Hotel
Penentuan jenis hotel tidak terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan (Tarmoezi, 2000) :
5) Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat dari lokasi dimana hotel tersebut dibangun, sehingga dikelompokkan menjadi:

a. City Hotel
Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City Hotel disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut.
b. Residential Hotel
Hotel yang berlokasi di daerah pinngiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Dengan sendirinya hotel ini diperlengkapi dengan fasilitas tempat tinggal yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.
c. Resort Hotel
Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di tepi aliran sungai. Hotel seperti ini terutama diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berekreasi.
d. Motel (Motor Hotel)
Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel ini menyediakan fasilitas garasi untuk mobil.

Segi Jumlah Kamar Hotel

Menurut Tarmoezi (Tarmoezi,2000:3), dari banyaknya kamar yang disediakan, hotel dapat dibedakan menjadi :
a. Small Hotel
Jumlah kamar yang tersedia maksimal sebanyak 28 kamar.
b. Medium Hotel
Jumlah kamar yang disediakan antara 28- 299 kamar.
c. Large Hotel
Jumlah kamar yang disediakan sebanyak lebih dari 300 kamar.

Klasifikasi Hotel
Menurut keputusan direktorat Jendral Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi no 22/U/VI/1978 tanggal 12 Juni 1978 (Endar Sri, 1996 : 9), klasifikasi hotel dibedakan dengan menggunakan simbol bintang antara 1-5. Semakin banyak bintang yang dimiliki suatu hotel, semakin berkualitas hotel tersebut. Penilaian dilakukan selama 3 tahun sekali dengan tatacara serta penetapannya dilakukan oleh Direktorat Jendral Pariwisata.
Beberapa hotel yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:
1.      HOTEL ACACIA
2.      ALILA HOTEL
3.      SHERATON SURABAYA HOTEL & TOWERS







1.      HOTEL ACACIA
acacia.jpg
A.DESKRIPSI HOTEL ACACIA JAKARTA
Hotel Acacia Jakarta  adalah hotel berbintang 4 di Jakarta yang melayani sebanyak 206 kamar, yang terdiri dari Deluxe Rooms, A-Club Rooms dan Suite Rooms. Selalu menjadi pionir dalam kenyamanan dan kepuasan pelanggan, GRATIS koneksi Internet yang diberikan di setiap ruangan, dengan kecepatan up to 1MB, terbatas hanya untuk A-Club room termasuk komputer pribadi.
          The Acacia Jakarta bertujuan untuk memenuhi kebutuhan semua tamu dengan memberikan tempat yang paling nyaman untuk bisnis maupun liburan, melayani sebagai "home away from home" dengan layanan hangat dari seluruh karyawan.
          Fasilitas di The Acacia Jakarta termasuk restoran Golden Ming di mana tamu dapat bertemu dengan keluarga atau teman, menikmati Dim Sum, masakan Kanton dan Szechuan. Promenade Coffee House menawarkan nuansa Asia dan Kontinental, sedangkan di Fountain Lounge, Anda akan dimanjakan dengan Ieke Coffee spesial dilengkapi dengan desserts yang beragam seperti es krim /gelato dan pastries yang dibuat sendiri.
        Hiburan ditawarkan di Pub dan Karaoke Pharaoh di mana Anda dapat rileks setelah lelah dengan kegiatan seharian atau untuk merayakan sesuatu.
The Acacia Jakarta terletak di jantung kota Jakarta. Cuma 10 menit dari stasiun kereta Gambir, 15 menit dari Central Business District of Sudirman – Thamrin – Kuningan, 15 dari kantor-kantor pemerintahan utama dan 20 menit dari Pantai Ancol.

B. Akomodasi

            Semua 208 kamar dan suites dilengkapi dengan air conditioner yang bisa dikontrol secara individual, TV Kabel 40 channel, FREE High Speed Internet pada setiap kamar hingga 1 MB, pada kamar dengan tipe A-Club room, dilengkapi Mini Bar & Refrigerator, fasilitas Tea & Coffee making, Private bathroom dan hairdryer, dan brankas El safe.


RATES & RESERVASI
Deluxe Room
Rp.
986.700.00
The A-Club*
Rp.
1.252.350.00
Executive Room
Rp.
1.518.000.00
Suite
Rp.
2.656.500.00
Penthouse
Rp.
5.692.500.00
Extra Bed
Rp.
300.000.00
  • Harga termasuk pajak 21% dan Service Charge.
    Berlaku untuk Single maupun Double occupancy
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya
  • Jika tanpa jaminan kartu kredit atau deposit, reservasi kamar berlaku hingga pukul 16.00.
  • FREE Internet access untuk semua tipe kamar, hingga 1 MB*.
  • Waktu check-out adalah pukul 12.00 & waktu check-in adalah 13.00.
  • Kami menerima semua jenis kartu kredit
  • Tak ada biaya tambahan untuk minimal 2 anak dibawah 12 tahun yang 1 kamar dengan orang tuanya.
*The "A" Club Room dilengkapi dengan personal computer & FREE 24-hours Internet broadband connection dengan kecepatan hingga 1 MB.

C. Restoran & Hiburan

1.      PROMENADE CAFE

Restoran 24 jam di lantai dasar lobi, dengan menu unggulan khas Asia dan internasional.
2.      GOLDEN MING
Terletak di lantai 1 dengan kapasitas 120 pax, mengkhususkan diri dan dikenal dengan masakan Szechuan dan Kanton. Belum lagi Dim Sum-nya yang terkenal.

3.      FOUNTAIN BAR

Berada di Lobby level, menyuguhkan minuman, makanan, penampilan live piano dan didukung hotspot area gratis.Buka tiap hari 08:00 AM hingga 01:00 AM dengan kapasitas 72 kursi.
4.      PHARAOH PUB & KARAOKE
Terletak di basement, buka tiap hari dari jam 5:30 PM hingga jam 02:00 dini hari.Menampilkan performance musik live dari Senin hingga Sabtu dengan kapasitas 200 pax.9 ruang karaoke tersedia dari pukul 01:00 siang.
5.      GOLDEN ROSE
Terletak di lobby level, dapat mengakomodasi hingga 1,200 orang.

D. FASILITAS LAIN

FITNESS CENTER & SAUNA

Terletak di lantai 1 dan dioperasikan oleh Grand Odiseus.  

SWIMMING POOL & POOL BAR

Berada di lantai 1, buka tiap hari mulai jam 7:00 hingga jam 21:00 malam.  

FASILITAS LAIN

·         Internet
·         Business Center
·         Drug Store
·         Pastry & Gift Shop
·         Laundry & Dry Cleaning
·         Mail & Parcel Service
·         Baby Sitting
·         Limousine Service
·         Foreign Currency Exchange
·         House Clinic
·         Musholla
·         Fasilitas parkir bisa menampung hingga 150 kendaraan, dioperasikan oleh Secure Parking.



 










2. ALILA HOTEL
alila.jpg

A.     DESKRIPSI HOTEL ALILA

ALILA Jakarta adalah tempat istirahat yang memiliki suasana yang serba kontemporer. Hotel ini menawarkan tempat rileks buat kaum urban muda dan kalangan eksekutif.

 Desain interior hotel ini serba minimalis-abstrak, modern dan bersih. Kata ALILA berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya 'kejutan'. Kata ini menggambarkan sifat hotel yang selalu memberikan kesegaran dan tanggapan terhadap kebutuhan para tamu. Konsep hotel ini menyajikan tren bagi kota dan mengungkap dinamika dan energi Jakarta.

 Terletak di pusat Jakarta, di Jl. Pecenongan, hotel ini dekat dengan bangunan-bangunan bersejarah, antara lain Istana Presiden dan pusat distrik bisnis. ALILA Jakarta juga merupakan tempat yang layak dikunjungi. Hotel ini memiliki suasana yang serba tidak formil sehingga memberikan keunikan tersendiri dan merupakan tempat ideal bagi para tamu yang datang ke Jakarta untuk tujuan bisnis ataupun berlibur.

 Jika malam hari, sepanjang jalan Pecenongan adalah pusat makanan. Memiliki 218 kamar suite, juga memiliki tempat Spa, Club, Gimnasium untuk kamar eksekutif tersedia 1 unit komputer yang bisa digunakan. Lokasi Parkir yang tersedia cukup luas. Sebagai alternatif Anda dapat mencoba Red Top yang berada di dekat lokasi.

B.      Lokasi

Terletak di Jakarta Pusat, Jl. Pecenongan Kav 7-17 Jakarta 10120
Indonesia Telp: +62 21 231 6008 Fax : +62 21 231 6007 Email: jakarta@alilahotels.com. di jantung Batavia tua atau daerah Kota, Alila Jakarta dekat landmark bersejarah. Ini menghadap ke Istana Presiden, Museum Nasional (Monas) dan hanya 4 km dari pusat bisnis kota dan pusat perdagangan terbesar di Indonesia, dan 45 menit atau 25 km dari bandara Internasional Soekarno Hatta.
C.      FASILITAS
Gym Alila
State-of gym-the-art dengan peralatan CYBEX terbaru dan pelatih pribadi terampil.

Spa Alila
2 suite dan 2 kamar perawatan, lengkap dengan uap dan sauna. Specialises di aromaterapi dan teknik spa tradisional Indonesia penyembuhan.

Kolam renang
Oase relaksasi di kota dengan pemandangan indah Jakarta. Nikmati segar strawberry daiquiri kami di bar kolam renang saat matahari terbenam - favorit perusahaan.

Ballroom
Kami dapat melayani pesta koktail atau pernikahan untuk 500 tamu atau presentasi teater-gaya 300 delegasi dengan audio lengkap / support video.

Ruang Pertemuan
Terletak di lantai 3 & 5, dengan kapasitas untuk menampung 10 - 100 tamu.

Pusat Bisnis
Buka setiap hari dari 07:00-23:00, dengan layanan pemindaian, mengatur janji-up, layanan kesekretariatan dan terjemahan, ruang kerja sementara, dan akses broadband internat.

Lounge Eksekutif
Buka setiap hari dari 07:00-23:00, terletak di tingkat 10.
Cocktail jam 6 sore - 8 malam, termasuk rumah gratis standar menuangkan.
Ketika hari kerja selesai, bersantai dengan buku dari perpustakaan lounge sementara Anda menikmati snack dan koktail pra-makan malam. Ini adalah tempat yang sempurna untuk rendezvous bisnis, pertemuan santai dengan teman-teman atau hanya untuk melepas lelah saja setelah hari yang sibuk. Untuk kenyamanan Anda, kami juga memiliki ruang pertemuan pribadi lengkap dengan internet broadband dan wi-fi akses.

Space Lounge
Nikmati menenangkan chill-out music dan tanda tangan minuman sambil surfing internet melalui koneksi wi-fi. Berbagi sepiring makanan ringan dengan teman-teman sambil bermain catur, mahjong atau salah satu permainan papan lainnya tersedia secara bebas. Hosting pameran rutin sepanjang tahun, Space Lounge yang tepat untuk apa pun.
TNC Cafe
Cafe TNC adalah ruang yang ideal untuk menutup kesepakatan yang, beristirahat dan bersantai dengan teman-teman, menangkap dengan sebuah buku bagus atau meninjau surat kabar harian nasional. Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 11 malam, Cafe TNC melayani hidangan - kue, sandwich, kue, disertai dengan koleksi teh Dilmah, kopi sendiri khusus Alila's campuran, atau pemilihan menyenangkan smoothie dan jus.

3. SHERATON SURABAYA HOTEL & TOWERS

seraton.jpg
Sheraton Surabaya Hotel & Towers terletak di kawasan strategis, di pusat Kota Surabaya dan bersebelahan dengan pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza, hotel bintang lima ini bisa jadi salah satu pilihan akomodasi. Buat para pemburu belanja, apalagi.

Bayangkan, dengan menginap di Sheraton Surabaya Hotel & Towers, yang tinggal selangkah saja ke pusat perbelanjaan tersebut, kita akan dimanjakan dengan sederet pilihan resto yang menyajikan aneka menu lezat. Plus, tak kurang dari lima ratus toko ritel yang bakal memuaskan hobi belanja Anda. Tak hanya itu, berbagai pusat hiburan seperti bioskop, atau pun obyek wisata semacam museum, letaknya tak jauh dari hotel ini.

Surabaya, kota yang selalu mengingatkan kita akan peristiwa heroik di masa perjuangan dulu, memang masih menyimpan sejumlah warisan bangunan bersejarah. Kesan kemegahan dari sosok bangunan bergaya Kolonial itu menciptakan harmonisasi tersendiri, manakala disandingkan dengan sentuhan arsitektur hotel yang bergaya kontemporer ini.

Sheraton Surabaya Hotel & Towers yang menyediakan 348 kamar dan suites ini juga menawarkan pilihan panorama ke pusat bisnis, ke area kolam renang yang nyaman, atau ke arah Jembatan Suramadu yang sohor itu. Fasilitas internet berkecepatan tinggi juga tersedia di setiap kamar, untuk memudahkan segala aktivitas bisnis para tamu. Tak terkecuali, akses Wi-Fi di area publik dan gerai yang ada.

Sepuluh ruang rapat dan sebuah ballroom dengan luas 804 meter persegi disediakan untuk bisa menampung tak kurang dari seribu undangan, di samping fasilitas lainnya seperti business centre, dan perlengkapan audio visual.

Sedangkan untuk memanjakan lidah, Sheraton Surabaya Hotel & Towers menawarkan beberapa pilihan resto dan lounge. Tinggal pilih, mau di Kafe Bromo, Lung Yuan, Kawi Lounge, atau Java Kafe.

Tapi, kalau ingin berolah tubuh selain berenang, pusat kebugaran pun tersedia. Lengkap dengan segala peralatan senamnya, termasuk fasilitas sauna, kolam air hangat dan dingin, ruang perawatan untuk kecantikan dan massage, termasuk lintasan jogging sepanjang 500 meter dan dua buah lapangan tenis.

Dan satu yang juga spesial di Sheraton Surabaya Hotel & Towers, yakni di lantai 25 atau di Towers Lounge, kita bisa menikmati fasilitas layanan pribadi seperti butler, personal check-in dan check-out, akses internet gratis, serta makan pagi dan evening cocktail yang mengesankan.

LOKASI
25-31 Jalan Embong Malang
Surabaya
(0)31 546 8000

           

















BAB II.
RUMAH MAKAN/ RESTORAN
Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan itu serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Walaupun umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga rumah makan yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service untuk melayani konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya, misalnya rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya.
Rumah makan di Indonesia disebut juga sebagai restoran. restoran merupakan kata resapan yang berasal dari bahasa Perancis yang diadaptasi oleh bahasa inggris; "restaurant" yang berasal dari kata "restaurer" yang berarti "memulihkan
Beberapa Restorant/Rumah Makan yang ada di indonesia adalah sebagai berikut:

A.     RESTORAN CASSIS

Cassis, memposisikan diri sebagai salah satu tempat hiburan terkemuka di Jakarta untuk makan siang cepat dan mudah atau makan malam elegan, mengekspresikan semangat ruang makan yang kontinental.
Cassis menawarkan masakan Eropa asli yang pasti akan menyenangkan selera Anda awal dari makanan pembuka menggoda untuk pilihan dessert tak tertahankan.
Konsisten menyediakan kualitas makanan tertinggi yang dapat dicapai, layanan, produk dan suasana di dalam konsep "Nilai untuk Uang" adalah kebijakan operasi Cassis.
Alamat
:
Pavillion Apartment Retail Arcade Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 24 Jakarta 10220
Telepon
:
62 21 5794 1500
Fax
:
62 21 5794 1510
Email
:
cassis@cassis-gourmand.com
Website
:
http://www.cassis-gourmand.com
B.     KLUB KELAPA GADING
Berdiri tahun 1983, Klub Kelapa Gading telah menjadi lokasi terselenggaranya berbagai acara, termasuk pesta pernikahan. Lokasinya yang terletak di Jl. Boulevard Raya Kelapa Gading memberi nilai tambah tersendiri, karena cocok untuk menjadi lokasi pengucapan ikrar setia antara sepasang kekasih yang saling mencinta.
Selain strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah, Klub Kelapa Gading juga memiliki area parkir yang mampu menampung 700 mobil. Tamu-tamu Anda pun tak perlu repot mencari tempat parkir, karena telah disediakan layanan valet parking. Taman indah nan asri merupakan poin lebih yang tak boleh diabaikan, karena pasti membuat tamu-tamu merasa nyaman dan enggan beranjak meninggalkan pesta.
Klub Kelapa Gading memiliki beberapa ruangan pesta yang bisa menampung 30 sampai 1500 orang. Tiga buah ruangan yang cukup besar dan telah dilengkapi dengan backdrop dekorasi pelaminan, sehingga bisa Anda pilih sesuai selera. Jangan takut untuk membuat pesta di luar ruangan, karena di sini pun tersedia area khusus untuk pesta outdoor Anda.
Untuk memberikan pelayanan terbaik, Klub Kelapa Gading menyediakan jasa katering. Dengan mutu kuliner kreasi para chef yang istimewa. Anda juga tak perlu repot mengurusi tetek bengek fasilitas lain, karena di sini sudah tersedia paket termasuk MC dan entertainment. Tak hanya itu, Klub Kelapa Gading telah mempersiapkan pawang hujan, sehingga acara sakral Anda tak akan terganggu hujan. Andaipun hujan tetap turun, pihak Klub Kelapa Gading akan dengan senang hati memindah acara pesta Anda ke ruangan lain atau Restoran Mayangsari jika fasilitas ruangan lain tak tersedia.
Alamat : Jalan Bulevar Kelapa Gading, Block KGC, Kelapa Gading, 14240, North Jakarta, DKI Jakarta

C.    BALE BENGONG RESTO JAKARTA
Bale bengong dalam bahasa Bali adalah sebuah gazebo, tempat keluarga biasa bercengkrama di sore hari setelah beraktifitas seharian di luar rumah. Dengan mengusung konsep itulah maka didirikan rumah makan bale bengong yang pertama di Jogjakarta dengan ciri khas pemandangan sawah dan suasana santai yang nyaman.
Ingin membawa suasana tersebut di tengah hiruk pikuknya kota Jakarta, maka rumah makan bale bengong yang kedua didirikan.Dii tengah kerimbunan pepohonan di daerah Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dikelilingi oleh kolam ikan sebagai tambahan fasilitas rekreasi bagi keluarga yang ingin bersantai di akhir pekan. Citarasa makanan laut segar yang sudah disesuaikan dengan selera pasar di Jakarta diharapkan mampu menambah variasi wisata kuliner bagi masyarakat di ibukota Jakarta.
Dengan sebuah area terbuka berkapasitas 40 tempat duduk, sebuah ruangan tertutup berkapasitas 60 s/d 80 orang, 2 buah private meeting room yang masing2 berkapasitas 10 orang, 1 buah gazebo besar berkapasitas 10 orang, bale bengong seafood resto jakarta berharap mampu memberikan kenyamanan bersuasana alam bagi para tamu yang datang, baik untuk acara presentasi, meeting ataupun sekedar bersantai menikmati hidangan dengan keluarga, ataupun para relasi.
Beralamat di Jalan Angkasa, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Bale Bengong seafood resto menanti kedatangan anda.




Alamat:Jl. Angkasa Halim Perdana Kusuma
Halim Perdana Kusuma - Halim Perdana Kusuma 13610
Telp: 021 80888182
Moto:
We give u a place to relax, gather and business meeting point at Jakarta Timur area.  
Buka:
11.00 - 22.00  
House Specialty:
Udang Bambu, Kepiting Lada Hitam, Keong Macan Saos Padang   Kisaran
Harga (Rp.):
25.000 - 50.000

















BAB III.
BAR
Bar yang kita kenal dewasa ini pada awalnya berasal dari Amerika Utara kira-kira 300 tahun yang lalu. Ketika itu pada setiap bar umumnya dilengkapi dengan “counter” yang terbuat dari kayu yang kuat. Counter tersebut berfungsi sebagai “Barrier” yang artinya penghalang/pembatas. Dari sinilah muncul istilah “Bar” yang diambil dati kata “Barrier”.
Barrier tersebut ketika itu mempunyai fungsi utama sebagai pemisah antara bar customers dengan barman atau bartender, saat itu belum berfungsi sebagai tempat meletakkan minuman pesanan tamu. Customer tersebut menikmati minuman pesanannya samil memegang gelas minumannya.
Saat ini barrier tersebut dikenal dengan istilah “bar counter”. Bar counter telah dirancang sedemikian rupa sehingga bersifat multi guna dari sebelumnya, yaitu:
1. Sebagai tempat menikmati minuman
Bagian atas dari bar counter telah dibuat lebih lapang sehingga dapat berfungsi sebagai tempat menikmati minuman yang nyaman dan menyenangkan. Karena sambil menikmati minuman customernya dapat menyaksikan hal-hal menarik yang ditampilkan oleh bartender, penataan ruang kerja bartender dan bar display.
2. Sebagai dekorasi bar
Design yang menarik dan kombinasi bahan barcounter yang berkualitas tinggi yang dipadukan dengan bentuk ruangan bar yang bersangkutan mampu menambah semarak dan serasinya penampilan sebuah bar. Hal ini diharapkan dapat menciptakan atmosfer ruangan bar yang nyaman dan menyenangkan sehingga customer mendapat kepuasan tersendiri.
3. Sebagai Special Store
Bagian belakang barcounter dapat dirancang sedemikian rupa yakni dilengkapi dengan rak-rak atau laci-laci sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis “Bar Supplies”. Hal ini disamping untuk penghematan ruangan penyimpanan juga dapat memperlancar/membantu tugas barman. Tersedianya bar supplies yang memadai dan pada tempat yang mudah dijangkau akan memperingan tugas-tugasnya dan kepuasan bar customer dapat lebih terjamin.
4. Sebagai tempat berlindung
Dalam situasi tertentu , misalnya ada customer yang dalam keadaan mabuk dan sulit dikendalikan serta ada kecendrungan dapat barman, maka barman dapat berlindung di balik barcounter sambil menghubungi pihak security melalui telepon.

Di Indonesia pengertian tentang bar terdapat pada Peraturan Pemerintah (PP) no. 24 tahun 1979 pasal 1 sub j, yang bunyinya adalah sebagai berikut: Bar adalah setiap usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menjual berbagai jenis minuman terutama ‘alcoholic beverages’ termasuk pula ‘mixed drink’ di tempat usahanya untuk para tamunya.
Pada ketentuan ini pula dipaparkan bahwa usaha bar harus memenuhi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Aspek Bangunan.Harus memiliki bangunan tetap/permanen sebagai tempat usaha dan tela dilengkapi dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sah dari pemerintah.
2. Aspek bentuk Usaha. Harus memiliki izin usaha sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan pemerintah.
3. Aspek Pengelolaan. Harus dikelola secara profesional, baik dari segi pengadaan minuman/bahan-bahan lainnya, penyiapan dan pembuatan minuman (terutama minuman campuran), teknik penyajian, sistem penjualan administrasi maupun management pengelolaan bar secara umum.
4. Aspek Tempat Minum. Harus memiliki ruangan/tempat minum berikut fasilitas lain yang menunjang.
5. Aspek Usaha Pokok. Merupakan usaha utama yakni berupa penjualan minuman termasuk penyajiannya.
6. Aspek Masa Produksi. Produk utama berupa minuman, terutama minuman beralkohol (alcoholic drink) termasuk minuman campuran (mixed drink).
7. Aspek Jam Kerja. Beroperasi pada jam kerja Bar pada umumnya untuk melayani tamu yang ingin minum.
Beberapa Bar yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

A.    Balcony Dine and Wine
Balcony terletak di Hotel Bilique, Jl. Sersan Badjuri no 100, Bandung. Dengan berbagai sup dan barbeque, café yang juga menyatu dengan hotel dan klub malam ini cukup ramai dikunjungi. Tempat ini cukup unik, karena anda bisa makan per satu ruangan yang dipisah satu dan lainnya. Menu spesial di Balcony adalah seafood dan daging brochette. Crème catalane juga patut dicoba sebagai pencuci mulut, untuk melengkapi jamuan makan anda. Bar yang memiliki kisaran harga Rp 50.000 – Rp. 150.000 ini juga menghadirkan anggur-anggur terkenal berkualitas internasional.
B.      Sobbers Bar and Resto

            Sobbers menghadirkan kuliner Asia sampai dengan Eropa dengan berbagai musik dari live music, RnB hingga house music. Minuman pun beragam, dari mineral water hingga berbagai jenis wine. Bar yang terletak di Jl. Setiabudi 41F ini buka setiap harinya dari pukul 6 sore sampai 3 malam. Acara konser musik ataupun ulang tahun pun bisa dilaksanakan di sini.


C.      Score!

         Anda mengenal Score! Jakarta? Score! Bandung juga menawarkan konsep yang tidak terlalu berbeda dengan yang ada di Jakarta. Selain tempat untuk clubbing, score! Juga menghadirkan café, billiard, lounge dan juga bar. Terletak di jalan Cihampelas, tempat ini diminati karena dekat dengan pusat kota dan juga pusat perbelanjaan. Banyak pula event yang diadakan di tempat ini sehingga memeriahkan suasana yang ada.














PENUTUP



               Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya.

Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Relate Posts



0 komentar:

Poskan Komentar

>